Sosialisasi Dan Bimtek Kelompok Kerja Relawan Pemutakhiran Data Indeks Desa Membangun Berbasis SDGs

Coretan Tinta 14 April 2021 07:45:30 WIB

Pemrintah Desa Melis Mengadakan Sosialisasi Penetapan dan Bimtek Kelompok Kerja Relawan Pemutakhiran Data Indeks Desa Membangun Berbasis SDGs Desa Tahun 2021

Pemutakhiran Indeks Desa Membangun (IDM) 2021 juga berbasis SDGs Desa. Pemutakhiran data berbasis SDGs Desa adalah pemutakhiran data IDM yang lebih detil lagi, lebih mikro, sehingga bisa memberikan informasi lebih banyak. Sebagai proses perbaikan, ada pendalaman data-data pada level RT, keluarga, dan warga.

Sesuai dengan Permendesa PDTT Nomor 21/2020, data SDGs Desa adalah milik desa, sehingga pendataan SDGs Desa dilaksanakan dengan metode sensus partisipatoris. Artinya, data dikumpulkan dari informasi di dalam desa, dilaksanakan oleh desa sendiri melalui Pokja Relawan Pendataan Desa, serta untuk keperluan pembangunan dan pemberdayaan masing-masing desa sendiri. Dimensi partisipatoris meningkatkan validitas data SDGs Desa. Adapun dimensi sensus artinya mengambil data seluruh wilayah desa dan RT, serta mengumpulkan data dari seluruh keluarga dan warga desa.

Komentar atas Sosialisasi Dan Bimtek Kelompok Kerja Relawan Pemutakhiran Data Indeks Desa Membangun Berbasis SDGs

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi MELIS

tampilkan dalam peta lebih besar